Pengertian Formula :
formula adalah ekspresi untuk menghitung hasil numerik atau teks berdasarkan rumus tertentu. untuk menuliskan rumus atau formula dalam microsoft excel dapat dilakukan dengan mengawali isi sel dengan karakter = atau sama dengan yang merupakan syarat penulisan sebuah formula , kemudian diikuti rumus yang diinginkan. formula dapat berisi , operator ,referensi, atau suatu fungsi tertentu. operator disini adalah tanda ini bisa dipakai simbol yang melambangkan suatu operasi hitung.
berikut ini adalah aturan aturan yang perlu diperhatikan
- Tanda sama dengan (=) merupakan tanda awal dari penulisan formula yang mutlak harus dituliskan jika hendak menggunakan formula apa pun. tanda ini bisa dipakai sebagai rujukan ke data apada lokasi lain.
- tanda kurung ( ) digunakan untuk memisahkan bagian-bagian yang dianggap perlu dalam suatu formula . pemakaian tanda ini dilakukan agar perhitungan menjadi lebih mudah unutk dibaca dan di analisis.
- tanda pemisah argumen/variabel pada penerapan formula lanjutan , anda akan menggunakan banyak argumen/variabel dalam suatu formula. untuk memisahkan argumen/variabel , ada dua tanda yang digunakan yaitu tanda koma(,) dan tanda titik koma(;).
- tanda kutip/petik digunakan jika hendak menggunaan isi atau data pada sebuah sel ("")
- guanakan alamat sel atau range hendaknya menuju pada alamat sel atau range, dan jangan merujuk langsung pada isi sel atau datanya. hal ini akan membuat formula menjadi statis dan terkunc hanya untuk data itu.
Pemakaian operator pada formula
- Titik dua,koma,spasi keterangan operator acuan
- - keterangan tanda negatif
- % keterangan tanda persen
- ^ keterangan tanda pangkat
- * dan / keterangan perkalian dan pembagian
- + dan- keterangan penambahan dan pengurangan
- & keterangan tanda ampersand (operator penggabungan)
- =,<,>,<=,>=<<> keterangan operator perbandingan